Minggu, 06 Mei 2018

Ai Septia Maulida: Pendidikan dan Perempuan

Ai Septia Maulida: Pendidikan dan Perempuan
Ai Septia Maulida

Masih banyak orang tua yang menganggap bahwa pendidikan bukan sesuatu yang penting. Terutama bagi kaum perempuan, kebanyakan orang tua berpikir bahwa perempuan hanya berperan dalam sebuah perkawinan. Padahal, pada kenyataannya diri manusia merupakan buah hasil dari pendidikan.

Perempuan adalah salah satu makhluk terindah ciptaan Tuhan dengan penganugerahan-Nya yaitu sifat lemah lembut, penuh cinta dan kasih sayang. Penggambaran lain mengenai perempuan adalah bahwa ia merupakan perhiasan dunia dan sebagai penyempurna bagi kaum laki-laki.

Namun pada kenyataannya hari ini kita melihat bahwa perempuan selalu dinomor duakan, meskipun gerakan feminisme dengan slogan “kesetaraan gender” yang pada hakikatnya membela kaum perempuan sedang ramai digaungkan. Terutama dalam segi hak asasi, kebanyakan perempuan hanya dieksploitasi dari paras dan tenaganya sebagai cara untuk menarik keuntungan, namun tidak sebanding dengan apa yang mereka dapatkan. Tidak sedikit pula perempuan dilemahkan bahkan dilecehkan oleh mereka pemegang kekuasaan.

Pendidikan, salah satu aspek yang menyebabkan terjadinya hal demikian. Pendidikan memang memegang peranan penting serta memberikan pengaruh yang besar terhadap kesejahteraan perempuan. Ketika perempuan berpendidikan, paling tidak ia dapat mengeksplor diri dan mengembangkan pikirannya untuk memajukan dan melindungi dirinya dari hegemoni budaya patriarkat atau tentunya bila perempuan cerdas berpendidikan, ia akan melahirkan generasi yang cerdas pula.

Dalam sebuah negara, perempuan juga mempunyai peran yang berarti, bahwa masa depan bangsa banyak ditentukan oleh peran perempuan. Maka dari itu perempuan harus pandai, cerdas, kuat dan harus berbudi.

Namun tentunya hal tersebut tidak serta merta ada dalam perempuan, perlu adanya pengembangan khusus yang dilakukan agar pemikirannya berkembang dan maju sehingga menghasilkan sifat-sifat yang ideal dari perempuan.

Upaya peningkatan mutu pendidikan sebenarnya dapat dilakukan dengan cara penanaman pemahaman terutama pada orangtua mengenai arti pendidikan. Di samping itu juga perlu adanya perluasan akses ke sekolah atau pun perguruan tinggi serta memberikan akses secara khusus kepada masyarakat yang memiliki keterbatasan ekonomi, namun memiliki kemampuan akademik.
____
Penulis:
Ai Septia Maulida
(Keluarga Mahasiswa Kabupaten Bandung Barat)
ARTIKEL SELANJUTNYA Selanjutnya
ARTIKEL SEBELUMNYA Sebelumnya
ARTIKEL SELANJUTNYA Selanjutnya
ARTIKEL SEBELUMNYA Sebelumnya
 

Masukan email Anda di bawah ini