Rabu, 16 Mei 2018

Dadan: 'Ngubek Empang' Cara Silaturahmi Sambut Bulan Suci

Dadan: 'Ngubek Empang' Cara Silaturahmi Sambut Bulan Suci

Cipongkor, Cempor.id - Ada yang menarik di Cipongkor pada hari Rabu (16/5/18). Pasalnya ratusan warga Kecamatan Cipongkor berbondong-bondong melakukan kegiatan "Ngubek Empang" untuk menangkap ikan tanpa alat bantu.

Ternyata kegiatan "Ngubek Empang" yang digelar di Kp. Sumumput Desa Sarinagen Kecamatan Cipongkor, Bandung Barat tersebut merupakan tradisi munggahan menyambut datangnya bulan suci Ramadhan.

Dadan Supardan (Anggota sekaligus ketua komisi 2 DPRD Kabupaten Bandung Barat) yang turut mengagas kegiatan mengatakan, bahwa "Ngubek Empang" merupakan salah satu kearifan sebagian masyarakat Cipongkor. Dimana, kegiatan tersebut dijadikan sarana  untuk menjaga tradisi dan media silaturahmi dalam rangka menyambut datangnya bulan suci Ramadhan.

"Kegiatan ini untuk menjaga tradisi dan menyambut bulan Suci Ramadhan," ujarnya kepada redaksi cempor.id.

Politisi Partai Golkar ini juga menilai, bahwa sebuah tradisi yang dianggap baik perlu untuk dijaga dan dilestarikan. Terlebih bila tradisi tersebut dapat memperkuat persatuan dan kesatuan di kalangan masyarakat.

"Tradisi yang bisa mempererat persaudaraan, persatuan dan semangat gotong royong perlu dijaga dan dilestarikan," lanjutnya.

Kegiatan "Ngubek Empang" sendiri mendapat apresiasi dari kalangan masyarakat. Nampak berbagai kelompok usia antusias mengikuti kegiatan menangkap ikan secara langsung tanpa menggunakan peralatan. Di antaranya ada dari kalangan bu-ibu dan santri dari beberapa pondok pesantren.

Kemeriahan kegiatan "Ngubek Empang" nampak berjalan seru. Para peserta berebut dan mengejar ikan yang telah mabuk di dalam kolam air, hingga saling siram air dan lumpur yang diwarnai tawa penonton.

"Hese, laukna linghas abong di alamna, tapi seru. Ini cara kita lebih dekat dengan masyarakat," ujar Dadang Ketua Karang Taruna Cipongkor yang juga ikut ngubek empang.**
(pay/AR)
ARTIKEL SELANJUTNYA Selanjutnya
ARTIKEL SEBELUMNYA Sebelumnya
ARTIKEL SELANJUTNYA Selanjutnya
ARTIKEL SEBELUMNYA Sebelumnya
 

Masukan email Anda di bawah ini