Jumat, 06 Juli 2018

Balad's Leuweung: Alam sebagai media untuk bersyukur

Balad's Leuweung: Alam sebagai media untuk bersyukur

Cipongkor, Cempor.id - Cara tafakur, tasyakur dan tadabur yang dilakukan komunitas Balad's Leuweung adalah dengan menikmati alam. Bagi mereka, dapat menaklukan bukit terjal dan ganasnya alam pegunungan menjadi hal yang membanggakan. Cuaca dingin atau panas tidak berarti manakala mereka menginjakkan kaki di puncak gunung.

Pegiat Balad's Leuweung, Asep Hikmatuloh mengatakan ia dan komunitasnya hampir tiap akhir pekan tidak melewatkan aktivitas menikmati alam.

"Selain gunung-gunung yang berada di wilayah Jawa Barat, kita juga tak melewatkan untuk memperhatikan dan menjaga alam di lingkungan," ujar pria yang akrab di sapa Aang ini.

Hal senanda disampaikan oleh pegiat Balad's Leweung lainnya, Budi Santoso (Budsan). Ia mengatakan dirinya bersama kawan-kawannya yang lain baru saja pulang dari pendakian Gunung Pangrango. Menurutnya, mendaki adalah satu cara melihat kepribadian seseorang.

"Pekan kemarin pun kami baru kembali dari salah satu Gunung tertinggi di Jawa Barat, Gunung Gede Pangrango. Banyak pelajaran yang dapat kita ambil dengan mendaki gunung salah satunya kepribadian asli seseorang dapat kita lihat ketika mendaki gunung," paparnya.

Selain sebagai penikmat alam, Komunitas Balad's Leuweung yang bermarkas di Cipongkor, Bandung Barat ini juga telah mengadakan berbagai kegiatan seperti penanaman pohon, beberisih lembur, penanganan anak disalibitas, dan kegiatan lingkungan serta sosial lainnya.

Salah satu aktivis kepemudaan, Pay Herdiana berharap Balad's leuweung dapat mengembangkan berbagai terobosan kegiatan. Menurutnya Balad's Leuweung memiliki potensi untuk ikut dalam pengembangan daerah, khususnya dalam ranah wisata.

"Harapan saya selain sebagai publisher wisata, komunitas ini dapat mengembangkan wisata dilingkungannya, karena memang sangat potensial untuk dikembangkan," ujarnya.
**AR
Link Banner
ARTIKEL SELANJUTNYA Selanjutnya
ARTIKEL SEBELUMNYA Sebelumnya
ARTIKEL SELANJUTNYA Selanjutnya
ARTIKEL SEBELUMNYA Sebelumnya
 

Masukan email Anda di bawah ini