Kamis, 05 Juli 2018

Pemuda, Desa dan Pemikiran Kekinian

Pemuda, Desa dan Pemikiran Kekinian
Foto: Pay Herdiana

Cempor.id - Pemuda menyimpan potensi besar untuk ikut andil dalam membangun Desa. Mereka dapat menjadi kunci keberlanjutan pembangunan dengan pemikiran-pemikiran Kekinian.

Aktivitas pemuda saat ini, sangat dekat dengan kecepatan informasi dan perkembangan teknologi. Hal tersebut diyakini menjadi modal besar bagi para pemuda untuk tidak lagi cuek terhadap pembangunan di desanya. Selain itu lahirnya Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa pun menjadi dasar bahwa kini desa adalah subjek pembangunan itu sendiri. Kegiatan dan kelembagaan kepemudaan desa pun  bisa menjadi media yang efektif untuk berkumpul, saling berbagi inspirasi, dan membuat kreatifitas, tentunya sambil ngopi.

Dalam membangun sebuah Desa tugas pemuda tidaklah gampang, karena permasalahan desa yang begitu banyak pemuda harus mampu menciptakan Inovasi yang tepat agar semangat perubahan dalam membangun desa tidak berbenturan dengan budaya, sejarah dan adat istiadat desa, bukan tak mungkin permasalahan akan muncul dari para tokoh/senior di desa yang mungkin adanya miss persepsi dengan cita-cita pemuda desa itu sendiri. dalam rangka menjadi pegiat desa pemuda harus mampu membangun sinergi, bekerja sama, hal itu tidaklah mudah karena akan membutuhkan komitmen dan konsisten terhadap komitmen itu sendiri.

Kepercayaan diri dari masyarakat desa pun harus terus ditingkatkan. Jangan malu jadi orang desa dan jadilah Pemuda yang Visioner untuk mewujudkan Desa yang Kenikinan, berdaya saing tanpa mengesampingkan nilai-nilai luhur budaya, sejarah dan adat istiadat.

Penulis:
Pay Herdiana
___
ARTIKEL SELANJUTNYA Selanjutnya
ARTIKEL SEBELUMNYA Sebelumnya
ARTIKEL SELANJUTNYA Selanjutnya
ARTIKEL SEBELUMNYA Sebelumnya
 

Masukan email Anda di bawah ini